budidaya ikan gurame

      ikan gurami bisa memijah sepanjang tahun, meskipun produktifitasnya lebih tinggi terutama terhadapnya isu terkini kemarau. adanyapun perihal yang butuh diperhatikan buat pemijahan ini ialah ptata metode tebar induk, tata letidak sarang, panen telur serta nilai mutu air media pemijahan.  betina dicirikan dari bentuk kepala serta rahang serta asertaya bintik hitam terhadapnya kelopak sirip.  induk jantan ditkamui dengan asertaya benjolan di kepala area atas, rahang bawah yang tebal terutama terhadapnya ketika isu terkini pemijahan serta tidak asertaya bintik hitam terhadapnya kelopak sirip dadanya.  sesertagkan induk betina ditkamui dengan bentuk kepala area atas datar, rahang bawah tipis serta asertaya bintik hitam terhadapnya kelopak sirip dadanya.
ptata metode tebar induk ialah 1 ekor/5 m2  dengan perbandingan total jantan:betina ialah 1:3-4. penebaran induk ikan gurame di kolam pemijahan bisa dilsayakan semetode berpharapakahnngan (sesuai perbandingan) terhadapnya kolam yang disekat maupun semetode komunal (satu kolam diisi seareakah pharapakahnngan).  induk betina bisa memkeluaran telur 1 500 hingga dengan 2 500 butir/kg induk. sarang diletidakkan 1-2 m dari kawharapakahnn bahan sarang dengan kedalsafe 10 -15 cm dari permukaan air. sarang dipharapakahnng mendatar sejajar dengan permukaan air serta menghadanyap ke arah kawharapakahnn bahan sarang.
kawharapakahnn bahan sarang diletidakkan di permukaan air bisa berbentuk anysafe kharapakahnr dari bambu atau bahan lainnya diatur sedemikian rupa sehingga induk ikan beliah mengambil sabut kelapakah/ijuk buat bikin sarang.  pembuatan sarang bisa bereksklusif sepanjang 1 hingga dengan 2 minggu tergantung terhadapnya keadanyaan induk serta lingkungannya. pemeriksaan sarang yang telah berisi telur bisa dilsayakan dengan metode meraba serta menggoyangkan sarang semetode perlahan atau dengan menyerang sarang mengfungsikan lidi/kawat serta menggoyangkannya. sarang yang telah berisi telur ditkamui dengan keluarnya minyak/telur dari sarang ke permukaan air.
sarang yang telah berisi telur diangkat. telur dibelahkan dari sarang dengan metode membuka sarang semetode waspada. sebab mengandung minyak, telur akan mengambang di permukaan air. telur yang baik berwarna kuning bening sesertagkan telur berwarna kuning keruh dibelahkan serta dibuang sebab telur yang demikian tidak akan menetas.  minyak yang muncul bisa dimengurangi dengan metode diserap metersebutkani kain. nilai mutu media pemijahan yang baik ialah suhu 25-30 oc, nilai ph 6,5 - 8,0, cepat regenerasi air 10-15 % per hari serta ketinggian air kolam  40 - 60 cm.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara budidaya ikan koi

pelatihan kekuatan serta nafas ikan cupang aduan

bagaimana memilih ikan koi