penyiapan sarana dan prasarana untuk ikan gurame

penyiapan sarana dan prasarana untuk ikan gurame

lokasi yang tepat buat budidaya ikan gurame,:ikan gurame tumbuh tepatnya terhadapnya lokasi pemeliharaan di ketinggian 50-400 m dpl. jenis tanah liat atau lempung, tidak berporos serta cukup mengandung humus adanya lah tanah yang baik buat kolam pemeliharaan. Al harapan nya adanya lah jenis tanah tersebut bisa menahan massa air yang besar juga tidak mudah bocor jika lau dibuat pematang atau dinding kolam. Kemi gampang tanah kolam yang baik antara 3-5%, supaya berlangsung pengairan kolam semetode gravitasi. nilai mutu air sesegera mungkin betul-betul bersih dengan kolam tidak berlumpur, tidak mengandung bahan kimia atau limbah pabrik, serta tidak terlantas keruh seluruh perihal itu bisa meng yang akan ter saudara termudaan penyakit terhadapnya ikan tersebut. kedalaman air 70-100 cm dengan proses pengairan mengalir amat baik buat peningkatan serta pernyebaran gurame juga akan lebih baik. dengan debit air 3 liter/detik buat pemeliharaan metode tradisional terhadapnya kolam khusus, serta debit air antara 6-12 liter/detik buat pemeliharaan semetode polikultur. suhu air berkisar antara 24 – 28 0c. harapan air (ph) yang baik maknanya antara 6,5-8.

kolam pemijahan, kolam yang difungsikan buat budidaya ikan gurame antara lain: kolam Distorsi induk – kolam tanah dengan luas 10 m2, kedalamam minimal 50 cm dengan kapasitas kolam induk 20 ekor betina serta 10 ekor jantan. kolam pemijahan – kolam tanah dengan luas 200-300 m2, kapasitas dan yatan kolam induk 1 ekor membutuhkan 2-10 m2 (bergantung proses pemijahan). suhu air antara 24-28 0c, kedalaman air 75-100 cm, serta di harapa kan kolam sebagusnya berpasir. siapkan injuk atau taansafe air buat sarana menempelnya telur ikan. kolam pemeliharaan benih atau kolam pendederan ikan gurame. luas kolam antara 50-100 m2, kedalaman air kolam 30-50 cm, dengan kapasitas 5-50 ekor/meter persegi. lama pemeliharaan antara 3-4 minggu sampai benih ikan berukuran 3-5 cm. kolam pembesaran. total penebaran bibit terhadapnya kolam pembesaran sebagusnya tidak lebih dari 10 ekor/m2. kasertag diperlukan seareakah kolam jaring 1,25–1,5 cm. kolam atau daerah pemberokan. kolam ini maknanya daerah buat membersihkan ikan sebelum di harapkan.


metode pembuatan kolam, :siapkan tanah ukuran 10 x 10 m (100 m2). buat pematang kolam ukuran lebar 0,5 m, area bawah 1 m serta tinggi 1 m. fungsikan pipa/ paralon/ bambu besar buat masuk serta keluar air. atur tinggi serta rendahnya supaya air mudah mengalir. tanah kolam induk dikeringkan setelah itu dicangkul supaya gembur, setelah itu diratidakan lagi supaya tanah menjadi lembut sesudah di air serta lobang - lobang atau pori - pori tanah akan tertutup yang bisa mengyang akan terjsaudara termudaan bocor. jangan lupa kolam dibuat miring ke arah pintu keluar air. buat saluran memanjang dari pintu masuk air ke pintu keluar di tengah - tengah kolam induk dengan lebar 0.5 m serta dalam 15 cm. taburkan produk pupuk yang ber nilai mutu yang berbentuk ton yang di campurkan dengan pupuk kimia setelah itu di pakai, setelah itu masukkan air dengan ketinggian 0.75-1 m. Izinkan sepanjang 1 minggu supaya pupuk meresap ke tanah serta membentuk plankton, lumut,  serta buat mengtes supaya kolam tidak bocor serta menumbuh kan tersebutkannan natural terhadapnya kolam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ikan louhan yang amat bernilai mutu

ciri ikan louhan anakan