cara budidaya ikan koi

ikan koi termasuk ikan hias eksotis yang sesesemakin banyak penggemarnya. disamping dipelihara sebagai hobi, ikan koi juga mampu dijsaudara termudaan lahan bisnis yang menguntung kan. jelas saja saja bagi mereka yang benar-benar serius menekuninya. disamping pesona warna serta lekukannya yang rupawan, keistimewaan lain dari koi artinya keelokan yang dipertontonkan tatkala menyembul serta melompat ke atas air . sungguh sebuah pem kaungan yang istimewa bagi yang hobi memeliharanya.
harapanl mula ikan koi:
ikan koi terharapanl dari ikan mas. ikan ini artinya ikan nasional negara jepang. di negara jepang sendiri,koi diangap sebagai ikan yang kuharapan. di negara tersebut koi dikatidakan kai yang artinya ikan berwarna. banyak versi yang berkembang ihwal harapanl usul koi. di antaranya berharapanl dari persia, lalu dibawa ke jepang oleh orang cina melalui daratan cina serta korea. koi dari jepang pertama kali di eksport ke san fransisco, amerika serikat (1938). sesudah itu berturut-turut dikirim ke hawaii (1947), canasertaya(1949), serta brazil(1953).
sesertagkan masuk ke indonesia diperkirakan tahun 1981-1982 di bawa oleh hany moniaga, hobiis yang tinggal di cipanas, cianjur, jawa barat. ia sesudah itu memuntukkan peternakan koi yang diberi nama leon serta leonny. koi pertama itu panjangnya 90-100 cm, berumur 50-75 tahun. semenjak itulah koi terkenal di indonesia serta belakangan menjadi buruan hobiis sampai saat ini.
cara memelihara serta menjaga ikan koi
pemeliharaan koi dilakukan di kolam semen, kolam tanah, kolam taman. pemeliharaan koi dalam aquarium tidak dianjurkan, alharapannnya artinya ikan tersebut membutuhkan tempat berenang yang luas serta dalam. disamping itu, kerupawanan koi terletidak terhadanyapnya punggungnya yang kaya warna, sesampai jika dipelihara dalam aquarium keelokan baserta serta warnanya itu tidak terekspos secara aporisma.
ukuran kolam koi yang dianjurkan minimal memiliki luas 1,5x2m dengan kedalaman 80 sampai 150cm. butuh diperhatikan pula tinggi kolam minimal 25cm dari biminuman memabukan kolam untuk mencegah koi melompat ke daratan. jikalaulau kolam telalu sertagkal, baserta koi akan terus-menerus terkena sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh sinar matahari. sinar ini mampu warna basertanya menjadi pucat, serta pertumbuhannya pun mampu terhambat.
menjaga nilai mutu air
filter empat lapis juga butuh dipharapanng untuk menjaga kebersihan serta kelancaran pasokan air. filter empat lapis artinya filter yang terdiri dari filter pertama yang terdiri dari kerikil, pasir, serta ijuk yang berguna menyaring sampah serta lumpur yang mengotori kolam.

filter kedua berupa karbon zeolit yang berguna menghilangkan racun, bau tidak sedap, serta membunuh bibit penyakit. filter ketiga berupa pestisida yang tidak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam. sesertagkan filter keempat berupa tanaman atau bebatuan yang mampu mengikat kotoran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

budidaya ikan gurame

metode pemijahan ikan komet

mengenali jenis koi terbaik buat dipelihara